Ciri-ciri Penumpang Pesawat Yang Bikin Kesel

“Sekarang semua orang bisa terbang” kira2 gitulah tagline salah satu lcc milik pengusaha negara tetangga yg cukup nyentrik. Tagline ini menurut gw bener banget sih dengan adanya peningkatan ekonomi khususnya di masyarakat kelas menengah, sekarang semua orang bisa terbang.. literally.. tinggal pilih mau yg full-services atau yg lcc.

Masih inget dulu 10 tahun yg lalu pertama kali naik pesawat. Waktu itu tugas liputan ke bali. Soetta ga terlalu  rame, antrian check in masih sewajarnya, dan rasanya aneh klo ga naik g*ruda.

10 years later

Tiap minggu gw menggunakan jasa pesawat terbang. Sebagai aktivis PJKSP garis keras alhamdulillah (masih alhamdulillah) sebisa mungkin tiap minggu gw pulang ke rumah.. ketemu ben.. erika.. dan mama elly. Karena tiap minggu pastinya gw cari tiket yg termurah. Hari gini cari tiket yg murah ya pilihannya maskapai lcc.

Lcc atau low cost carrier ini memang pilihan transportasi yg paling bisa dikompromi sama tubuh gw yg udah mulai menua, jarak tempuh dan lebih ekonomis (ekonomisan klo ga ldr sih.. senggol curhat). Dari tempat kerja gw di surabaya 1 jam 10 menit di udara sampe di tangerang atau di jakarta. Bandingkan dengan harga yg sama bahkan lebih mahal dikit kereta kelas eksekutif harus gw tempuh dengan jarak 9 jam.. bisa jadi manusia tulang lunak klo tiap minggu pp 18 jam. Udah cape di badan, porsi ketemu keluarga juga dikit banget.

Beruntung (udah ldr ketemu keluarga tiap minggu tapi masih bisa ngomong untung, so typical), bandar udara juanda surabaya di sidorjo ini memiliki banyak pilihan maskapai lcc dengan jam terbang dr jam 5 pagi sampai jam 11 malam.

Di tulisan ini gw ga akan ngomongin kebrengsekan maskapai2 lcc itu dalam handling penumpang, misalnya sering delay, counter check in 30 yg dibuka 5, atau pelayanan-pelayanan lainnya yg bikin sakit hati, gw rasa semua orang udah tau lah. Tapiiiii..

What do you expect.. Klo kata marc anthony “price dont lie, im outta my mind, let rain over me.

Di tulisan gw malah mau menyoroti kelakuan para penumpangnya, yg memang ajaib2 dan kadang bikin kesel sih.. tapi ya semua orang bisa terbang kan.. no matter who you are.. what you are and how annoying you are..

Jadi sorry banget.. sorry.. gw gatel banget pengen ngelist kelakuan penumpang-penumpang lcc yg bikin gemes.. soalnya klo naik yg full serviced ga nemu deh yg model gini.. atau minimal  ga terlalu banyak lah yg model-model combo kelakuan-kelakuan dari  penumpang yg mau gw sebutin di bawah ini.

So here they are:

  1. Suka nyerobot antrian.

Ini top banget sih. Apalagi klo saat first flight senin pagi yg rame, pasti ada aja yg serobot antrian lo saat mau masuk ke area check in atau saat lo mau print web check in an lo atau bahkan saat mau masuk pesawat. Suka dengan tampang sok lugu tiba2 ada di samping lo.

  1. Ga manfaatin teknologi.

Udah tutawsen en sikstin ledis en jentelmen dan added value maskapai2 lcc itu adalah menawarkan sistem web check in yg menyenangkan.. bahkan udah bisa pake check in pake whatsapp.. bisa milih tempat duduk. Klo punya waktu dan punya printer tinggal print dan melenggang melewati kejamnya antrian counter check in. Tapi masih aja banyak antrian di counter check in.

  1. Bagasi kabin.

Gw sangat anti banget sih sama orang yg bawa bagasi kabin gedeeeeee atau yang bawa banyak. Dan Gw lumayan sering sih liat orang bawa tentengan ke dalam kabin lebih dari 3. Backpack, tas selempang, koper, dan kotakan oleh2 2 wow ga sih. Dan penumpang itu sendirian. Klo yg berdua atau bertiga sama bayinya wajar lah, ini sendirian men. Kenapa gw sebel? Karena lama untuk unpack himself masukin tuh barang-barang bawaannya ke kompartemen. Macet deh penumpang yg mau naik atau pada saat turun.

  1. Sok penting dengan gadgetnya.

Beuh ini sering banget gw liat. Udah boarding, masih main handphone, ditegur, masih main handphone, dan cuma ceki2 medsos rata2 sama selfie di pesawat. Dumbo!

  1. Mengambil hak tangan penumpang  yang duduk di tengah.

Secara etika “perdudukan” yg duduk di tengah itu mempunyai hak penuh untuk menempati tangannya di sandaran kursi karena dia terjepit. Tapi seringkali yang duduk di window atau di aisle sok iye ambil dua sandaran tangan, menyisakan si penumpang yang duduk di tengah manyun terjepit posisi ga enak. Ambil hak orang itu nista tau.

  1. Duduk di emergency tapi ga mau dengerin safety briefing.

“With great legroom comes great responsibilities” mau duduk di emergency yg bisa selonjor. Ya harus mau lah dengerin cuap2 mba / mas flight attendant gimana cara buka pintu darurat buat bantu orang saat keadaan darurat. Ini boro2 mau dengerin, pura2 tidur atau pura2 baca, pas dibilangin marah. Ndeso. Klo flight pagi sering banget nih nemu yg kek gini.

  1. Tidak baby/child friendly.

Namanya anak bayi atau balita seanteng-antengnya pasti ada nangisnya di pesawat, entah aus, laper, kuping sakit dan hal lainnya yang bikin mereka ga nyaman. Nah ada aja nih pasti saat baby/ balita itu ga anteng, atau nangis, sering kali klo naik maskapai lcc pasti ada yang nge “sssssttttt” in. Gw suka keki dan kesel liatnya. Kan kasian ibu tuh anak, udah dapet tekanan dari si anak yang lagi ga anteng eh dapet tekanan mental dari penumpang lain. Mbo ya ngerti’o, ngerasano, empati lho.

  1. Godain pramugari / penumpang lain.

Chessy! Senorak-noraknya gw ga pernah sih minta nomer pramugari dan sok2 nanya nama padahal pasti pramugari sekarang ada pin namanya. Atau dengan super norak nanya ke penumpang cewe sebelah lo tujuan kota. Padahal jelas2 di pesawat yg tujuan kotanya sama. Cari pickup line yg lain yg lebih berkelas lah.

  1. Norak dan susah dibilangin saat take off atau landing.

Baru mau take off kursi udah dimundurin ya ga boleh lah. Safety dong ah. Mau landing ga mau buka tutup jendela. Baru landing langsung nyalain hp, penting amat sih, dan cuma buka medsos.

  1. Ga sabar pas mau keluar pesawat.

Ga nyantai, toh bedanya paling 2 menit sama orang yg nunggu pintu dibuka dengan cara duduk. Ini pesawat masih gelap, lampu belom nyala, udah pada diri dan ngambilon bagasi. Sapa suruh bawa bagasi banyak-banyak.

Thats all list kelakuan penumpang2 maskapai lcc yg bikin gemes. Ga patut ditiru deh. Dan yg masih kek gitu, berubah deh, lo bikin orang kesel.

 

-R-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s