Semarang A to Z : Itinerary 3 hari di Kota Atlas Part 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Hari sudah pagi.. dan sudah saatnya keliling Semarang lagi, Semarang dan sekitarnya hehe..

Day 2 (Exploring Semarang ups Kabupaten Semarang)

  1. Get Ready, Get Healthy. Bagi para runners, hotel yang saya rekomendasiin ini (red: MG Suites) menurut saya jaraknya deket dari mana-mana. Simpang lima, Jl. Pemuda, Tawang, maupun  GOR paling hits se Semarang yaitu GOR Tri Lomba Juang.. yang pengen cari sehat di Semarang mungkin sebelum sarapan bisa lari pagi dulu di Tri Lomba Juang, atau mungkin juga bisa nyempetin keliling landmarks Semarang via Jl. Gajah Mada-Jl Pemuda-Lawang Sewu-Tugu Muda-Jl. Pandanaran-Simpang Lima-Jl. Gajah Mada-Hotel jarak tempuhnya Cuma sekitar 5 KM an hehe. Abis olahraga bisa sarapan deh, kalau mau di hotel monggo, tapi kalau saya sih saran sarapan di Soto Pak Man deket GOR, atau Nasi Pindang kudus deket hotel.. seger. Back to Hotel, persiapan, mandi-mandi siap untuk menjelajah Semarang.

Time : 06.00-08.00 WIB

Cost : Soto Ayam dan nasi pindang kudus Rp 15.000-20.000 per orang or Free (kalau sarapan di hotel)

  1. Pesona Wisata Kabupaten Semarang. Kota Semarang sendiri sebenarnya banyak tempat wisata juga, seperti Klenteng Sam Pho Kong, Lawang Sewu, Pantai Maron, dan lain sebagainya, kalau saya sih cenderung wisata ke Kabupaten Semarang aja dengan wisata alamnya. Kita Ke Umbul Sidomukti atau Candi Gedong Songo yukk..

How To Get There : Dari Semarang masuk tol di Jatingaleh dan nikmatin suasana perjalanan tol yang menyenangkan ala Tol Cipularang (jembatan panjang dengan pemandangan yang bagus di pagi hari), exit tol Ungaran (disini jangan lupa cobain sensasi bukit magnet, dimana kendaraan kita di jalanan turun bisa naik sendiri tanpa masukin persneling, ga percaya? Buktiin sendiri deh). Exit tol kita sudah di Kabupaten Semarang, use your GPS menuju arah Bandungan untuk  sampai ke lokasi. Sepanjngan jalan di bandungan ini kita juga

Umbul Sidomukti atau Candi Gedong Songo

Mau ke Umbul Sidomukti yang ada kolam air dan banyak wahana permainan anak, atau ke Candi Gedong Songo dimana kita bisa mengelilingi 9 candi dengan naik Kuda. Plus minus sih, tapi sama-sama berudara sejuk dan pemandangannya sama-sama bagus.. kalau saya lebih pilih ke Gedong Songo, soalnya Umbul kalau Weekend padet dan rame kek pepes hehe. Tapi kalau mau ke dua lokasi ini juga gapapa kok, paling Cuma butuh setengah jam dari umbul sidomukti ke gedong songo, atau kebalikannya.

Candi Gedong Songo

Dengan harga tiket masuk 5rb per orang untuk turis local dan 25rb untuk turis mancanegara, Candi Gedong Songo atau 9 candi ini memiliki pemandangan yang Indah dari gunung ungaran. Cape jalan kaki ke candi-candi tersebut? Sewa aja kuda dengan harga 70rban, takut ga bisa naik kuda? Tenang.. ada pemandunya kok. Tapi ada minusnya juga, untuk yang berharap akan naik kuda gede, sorry aja ya, kudanya betina semua dan kurus-kurus J

Puas foto-foto dan liat pemandangan yang didominasi warna hijau dan hutan pinus? Saatnya kita isi perut.. dingin kan jadi laper tuh (inget ya laper,, bukan baper..) banyak kok warung-warung dengan menu andalan sate kelinci. Kasian? Tenang ada menu lain khas Daerah pegunungan kok (kayak mie rebus, nasi goreng, dll).

Susan Spa

Bagi yang bawa pasangan, dan anaknya udah agak gedean (diatas lima tahun) boleh nih cobaan relaksasi di Susan Spa.. dipijet atau berendam di kolam dengan latar belakang pegunungan.. its very worth to try ladies and gentlemen. Apalagi Susan Spa ini terletak Diantara Candi Gedong Songo dan Umbul Sidomukti.

Noted :

  1. Kalau serius pengen massage atau Spa disana jangam lupa booking dulu ya, pasti antri J
  2. jangan lupa Foto-foto lagi ya J

Umbul Sidomukti

Bagi yang punya anak kecil atau balita keknya perlu juga nih diajak kesini. Murah, cenderung meriah J, harga tiket masuknya pas weekend Cuma 5rb, si kecil udah dapet pmandangan Indah plus udara yang sejuk. Mau nyebur? Ada kolam-kolam kecil kok yang bisa untuk berenang. Masalahnya tempat ini rame banget sih. Ya kalo saya sih sekalian jadi nanti habis dari umbul Sidomukti langsung kembali ke Semarang sekalian istirahat.

Tempat Makan / Beli Oleh2 Alternatif di Kabupaten Semarang yang cocok juga nih

  • Cimory
  • Tahu Baxo Bu Pudji
  • Gubug Mang Engking
  • Pabrik Nissin

 

Cost : Around 200rb-300rb rupiah per orang

Time : 08.00-16.00 WIB (termasuk perjalanan dari Semarang ke Daerah Kabupaten dan sebaliknya)

  1. Kembali ke Hotel dan Istirahat. Seharian sudah aktivitas di luar ruangan badan pasti capek dan sampe hotel sudah sekitar jam 15.00-16.00 WIB saatnya kita rebahan sejenak di Hotel untuk refreshment.

Time : 16.00-19.00 WIB

  1. Semarang Night Culinary Part 2. Selepas Isya saatnya cari makan, yak kemaren kita sudah ke Simpang 5, saat ini kita ke Pecinan yuk, ke pasar Semawis. Setiap malam weekend, pasar malam Semawis ini ramai dan merupakan salah satu destinasi kuliner di Semarang yang suasananya ga kalah dengan Chinatown di Singapore dan KL J.

Menu andalan saya sih Somay Pak Joni, namun di Pasar Semawis ini juga banyak pilihan makanan khas Semarang, seperti Bakmi Jowo, Soto, Nasi Ayam, Sate, dan tentunya menu oriental J (baek-baek Tanya dulu halal apa engganya ya). Tapi Minus dari pasar ini adalah ruameee poll, kadang untuk makan harus gantian, dan karena udara terbuka jadi orang ngerokok sembarangan, and that’s not healthy for ur baby.

Buat yang punya anak kecil ga ada salahnya kita manjain mereka dengan permen kapas gulali, dan maina-mainan tradisional seperti laying-layang, boneka, yang bisa bikin mereka tersenyum.. sayang anak.. sayang anak.. J

How To Get There : Pasar Semawis terletak di jalan Gang Warung, untuk menuju ke sana, dari hotel masuk lewat jalan Wotgandul Barat ikutin jalan ketemu hotel quest di Plampitan lurus terus kemudian belok kanan di jalan Kranggan dan voila sampe deh di Gerbang masuk khas Pecinan (jalang lupa foto-foto ya..)

Cost : Around 50rb rupiah per orang

Time : 19.00-20.30 WIB

  1. Ngangkring. Belum lengkap ke Semarang klo ga ngangkring.. Angkringan di Semarang itu udah kaya Warteg di Jakarta, bejibun. Kalo saya sih pilihannya jatuh di angkringan depan Mall Paragon, atau angkringan teras di Pusponjolo (tempatnya enak dan bersih). Menunya ya nasi kucing, dan sate-sate dan gorengan yang bisa dibakar.

Cost : Around 20-30rb rupiah per orang

Time : 20.30-21.30 WIB

Perut udah keisi, saatnya pulang.. besok hari terakhir kita wisata foto-foto di Kota Semarang.

Resume For The Day :

  • Hari ini pasti cape banget ya karena full of jalan-jalan.
  • Cost di hari kedua juga lebih besar karena banyak jaln-jalan dan makan-makan
  • Cost for the day : Rp 400rb Per orang

C yaa broo and sis…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s