Semarang A to Z : Itinerary 3 hari di Kota Atlas Part 1

Assalamaualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Piye Kabare? Mugi-mugi selalu mulyo lan seneng yoo..

Oia hari ini tanggal 24 September atau 10 Dzulhijah, Its “Sembeleh” Season hehe..

Selamat Idul Adha Akhi-Ukhti, Kakak-Adik, Mas-Mbak, Abang-Adek dan rekan-rekan LDR sekalian..  Kalo saya boleh ambil pelajaran dari hari raya Idul Adha, khususnya mengenai kewajiban berkurban adalah merupakan pembelajaran mengenai keikhlasan dan kesabaran yang dicontohkan oleh teladan-teladan kita Nabi Ibrahim dan Ismail.

Keikhlasan dan kesabaran ini yang coba saya contoh dan jalanin, karena di hari Idul Adha ini saya ga bisa bertemu dengan keluarga hehe.. (harus jadi panitia Idul Adha di kantor hehe). Ok.. cukup dengan mellow-mellow-annya, mbangane sedih lebih baik sharing.. sharing pengalaman, pengalaman jalan-jalan. Jalan-jalan kemana? Ya ke Semarang lah ya.. hehe karena wilayah kerja jadi ya harus khatam dengan kota ini.

10 Dzulhijah atau Idul Adha tahun 2015 ini jatuh di hari kamis sehingga kalau di hari jumatnya pas banget yang mau ambil cuti sehingga bisa punya waktu liburan lebih untuk keluarga (well im not hehe).. Nah pas banget jika ada temen-temen yang mau menjelajahi Kota Semarang dengan waktu 3 hari tersebut (Jumat-Sabtu-Minggu, Asumsi hari kamis atau pas Idul Adhanya masih di Jakarta/ kota asal temen-temen).

3 hari di Semarang, apa aja sih yang bisa temen-temen lakuin, kunjungin, nikmatin dan bawa balik lagi ke Jakarta nah ditulisan ini saya coba jabarin ya.. berdasarkan pengalaman saya tinggal di Kota ini, semoga bisa lebih efektif liburan ke Semarangnya.. Oia ini saya ambil contoh kota asalnya dari Jakarta biar kelihatan banget sih gambaran budget dan waktu tempuhnya berdasarkan pengalaman hehe..

Day 1 (Jkt-Smg By Train, and Welcome to the City by Its Culanary)

  1. Berangkat dari Jakarta jam 07.00 WIB naik kereta Argo Muria dari Stasiun Gambir (jangan telat ya on time). Why i recommended traveling by train? Because it scenery. Sepanjang perjalanan nanti kita akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah yang hijau royo-royo.. ciamik deh.. such an eye candy.. Apalagi kalau pagi hari kan badan ini cenderung segar dan ga ngantuk sehingga bisa nikmatin deh pemandangan tersebut. Argo Muria akan tiba di Stasiun Semarang Tawang sekitar pukul 13.00 WIB atau paling telat juga Cuma telat 15 menitan koq. Worth to try..

Time : 07.00-13.00 WIB

Cost : Tiket Per orang Rp 230.000 – Rp 310.000

  1. Makan Siang Sate 29 di Depan Gereja Blenduk. Dari Stasiun Tawang ke arah pusat Kota, saya merekomendasikan mampir ke Sate 29 karena rutenya pasti ngelewatin tuh. Menu nya memang seba kambiang seperti Sate kambing, Sate buntel, Gule, Sumsum, tapi semuanya recommended lah.. ga bau perengus kambing dan dagingnya empuk.. laziiiizzzz... Karena terletak di Kota Tua, jadinya bisa sekalian foto-foto di Kota Tua dan Gereja Blenduk. Bagi yang ga suka kambing, di kawasan kota Tua ini juga ada Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur dan Spiegel kok yang bisa dicoba.

Time : 13.00 – 14.30 WIB

Cost : per orang sekitar 50-75rb udah dapet sate dan gule, ples nasi dan minum

  1. Check in dan istirahat di Hotel. Perut udah keisi, kenyang pasti bawaannya ngantuk, apalagi abis menempuh perjalanan yang cukup di kereta. ada baiknya kita istirahat dulu ke Hotel sekaligus check in (pas udah waktunya bisa check in), apalagi semarang yang terkenal sebagi kota Atlas ini kalau siang puaaaanase pollll… Untuk Hotel saya rekomendasi di MG Suites di daerah Gajah Mada. Kenapa disana? Letaknya yang di tengah kota, dan bentuk kamarnya apartemen style, cocok buat yang bawa keluarga karena ada kamar tidur utama, ruang tamu, dan dapur bersih. Nah bagi yang bawa keluarga fasilitasnya hotel ini bagus kok, kiddy poolnya yang luas dan di deket hotel ini ada Semarang town Square yang menawarkan wahana indoor theme park (lumayan buat tunggu matahari turun)

Time : 14.30 – 19.00 WIB

Cost : Around Rp 450.000 (include breakfast) per day

  1. Semarang Night Culinary Part 1. Magrib udah, Isya udah, pasti perut udah keruyuk-keruyuk minta diisi. Semarang itu terkenal dengan kulinernya, yap, malam pertama di Semarang harus kita puaskan itu. Ehmm let we start with Bakmie Jawa or Pecel? I Go for bakmie Jowo.. dari hotel, kita bisa jalan kaki tuh ke arah wot gandul, disana ada Bakmie Jowo yang terkenal banget dan enak yaitu Bakmie Gareng. Bakmie Nyemek dan Kuahnya Enyak.. (nasi ruwetnya sih masih enak bakmie Doel Noe’mani). Dari makan bakmie yuk cus ke pusat kuliner simpang lima. Disini ada Pecel Yuk Sri yang terkenal dan Nasi Ayam Bu Wido yang juicy juga. Porsinya kecil-kecil kok jadi bisa lah untuk menghabiskan makanan-makanan tersebut. Makanan penutup coba wedang ronde. Hmmm,, enak. Nah perut udah keisi kita bisa ajak anak untuk main-main sepeda-sepeda nyala di kawasan simpang lima. 🙂

Time : 19.00 – 21.00 WIB

Cost : Bakmie Gareng 13-15rb, Pecel Yuk Sri : 6-15rb, Nasi Ayam Bu Wido 10-15rb, sewa sepeda-sepedaan 25rb (per 30 menit)

  1. Chill Out, Enjoy The View. Perut udah kenyang saatnya kita memanjakan mata dengan pemandangan scenery lampu kota dari Semarang atas (Daerah Gajah Mungkur-Siranda). Sambil ngobrol-ngobrol dan ngopi-ngopi, cafe-cafe di Semarang atas menawarkan hal lebih dari sekedar makan dan minuman hehe J. Cafe atau Resto yang Recommended dari segi pemandangan dan suasananya adalah Koenakoeni, Tavern, Goodfellas, Nest.Co.Logy dan The Hills. Pas juga nih buat foto-foto Selfie hehe..

Time : 21.00 – 22.00

Cost : Around Rp 20.000 – Rp 50.000 per person (Just for Beverages)

  1. Back To Hotel. Perut udah kenyang, mata udah dimanjakan, saatnya kita balik ke hotel.. sekalian jalan pulan ke hotel mungkin bisa ngelewatin tugu muda dan lawang sewu dan bisa foto-foto sebentar di depannya J

Untuk hari pertama di Semarang mungkin  jangan terlalu diporsir dulu ya,, karena kan masih ada 2 hari lagi, dan di hari kedua itu ada baiknya kita menjelajahi Kabupaten Semarang untuk lihat objek-objek wisata yang menarik ala puncak tapi jarak tempuhnya ga sejauh puncak.

Resume For The Day :

  • Semarang Panas.. jangan lupa banyak minum yaaa
  • Lebih baik sih sewa mobil biar geraknya lebih cepat, soalnya angkot di Semarang susah dan muter-muter, turun-naik (Sewa Mobil per day Rp 250rb)
  • Use GPS sinyalnya bagus kok di Kota Semarang apalagi provider merah hehe
  • Hari pertama lebih banyak di hotel untuk kumpulin tenaga di hari kedua 🙂
  • Cost for the day : Rp 200rb Per orang

See You Tommorow.. Sleep Well..

ZZZZZZZ…zzzzzzz…ZZZZZZ….

R

Semarang 24 September 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s