Semarang A to Z part 2

Assalamualaikum… Piye kabare? Apik thoo.. lho.. kok jadi meme mantan presiden hehe.. Saya udah tinggal 3 tahun di Semarang tapi masih belom fasih berbahasa Jawa. Denger orang ngomong sih ngerti, tapi untuk ngomongnya itu lhooo… logatnya jelek banget.. ga cocok, ketauan banget pendatangnya hehe.. Nah untuk bersosialisai ada beberapa kata-kata yang saya andalkan:
  1. Matur nuwun
  2. Sampun
  3. Setunggal, Kaleh, Sekawan (biasanya untuk ngitung makanan)
  4. Monggo
  5. Akhiran ik, yo, dan o’ di akhir kalimat, seperti iyoo ikkkkk… orak yoooo…
Hehe ga banyak kan? Yah tapi minimal saat saya ngomong bahasa Semarangan ini orang yang denger bisa tau lah klo saya bukan produk asli sehingga, abis itu diajakinnya ngomong bahasa Indonesia.
Di tulisan sebelumnya saya sudah menuliskan A-Z mengenai Semarang dari huruf A-H, nah sekarang lanjutannya nih..
Monggo…
I: Iwak Manuk

IMG00762-20130404-1738

Makan Siang dimana ya? kalo mau coba alternative makan siang dengan keringat bercucuran karena kepedasan sambel dan rasa gurih daging burung, cobain deh makan di warung Iwak Manuk di daerah mangkang (ga buka cabang) tepatnya di Jl. Randu Garut Km 12 Mangkang – Semarang (sebelah kanan dari arah Semarang). Pilihan Burung Goreng seperti Belibis Goreng dan Kuntul Goreng Worth to try guys. Kejauhan ke Warung Iwak Manuk yang di Mangkang? Di Semarang Indah Juga ada sih tempat makan Iwak Manuk dengan judul warung Iwak Manuk Pak No. Tapi klo menurut saya teksturnya terlalu lembut, ga “burung” banget. Tapi warung Iwak Manuk Pak No di Semarang Indah punya sambel yang ajib bin laziz. The Choice is urs..
+ I wak Manuk Mangkang, dagingnya gurih dan teksturnya khas burung, agak-agak alot
+ Iwak Manuk Pak No Semarang Indah sambelnya ajib, dan porsi dagingnya gede banget

1390726752441

– Iwak Manuk Mangkang jauhhhhhh.. PP bisa 1,5 jam ples macet
– Iwak Manuk Pak No Semarang Indah tekstur dagingnya kelembutan untuk seekor burung
J: Juwana
Juwana merk bandeng presto andalan paling terkenal di kota Semarang. Ada sih merk-merk lain tapi kayanya masih kurang pas aja kalo bawain oleh-oleh bukan yang merk Bandeng Juwana. Outlet Bandeng Juwana ada di pusat oleh-oleh Jl. Pandanaran dan di Pamularsih deket Bandara. Rasanya enak, dan sambelnya juga pas di lidah (pedes, manis, asin, gurih).
+ Selain Bandeng, di pusat oleh-oleh Juwana ini juga banyak makanan Semarang yang cocok dijadiin oleh-oleh kaya moci, iwingko, lumpia, dll
+ Males nenteng oleh-oleh? Paketin ajaa.. di Juwana mereka menyediakan jasa pengiriman.. simple (saya sering nih)
– Ruameeee Poll.. apalagi kalo musim liburan sehingga susah parkir. Saya sih saran mending di Juwana Outlet Pamularsih
K: Kampung laut
Pengen makan seafood ala resto dengan suasana romantic di tepi danau atau empangkali yaa hehe dan lampu-lampu temaram, dateng deh ke Kampung Laut di Komplek Puri Maerokoco PRPP Semarang. Kalo dari pusat Kota Semarang ke arah Bandara, belok ke arah Puri Anjasmoro, mentok ke kiri dikit, sampe deh di Kampung Laut.
+ Menu seafood yang bervariasi, rasa yang enak, dekor yang bagus (suasana seakan terapung), hiburan, bikin jadi pilihan yang tepat buat jamu tamu

IMG00576-20110523-1940

– Bau amis khas empang kadang-kadang bikin nafsu makan sedikit berkurang
L: Lawang Sewu

Screenshot_2015-09-13-12-32-40

Abis Makan di Kampung Laut, udah jam 9an kemana lagi nih? Nah cocok tuh waktunya untuk mampir ke Lawang Sewu, di pusat Kota Semarang. Salah satu landmark kota Semarang yang terletak di depan Tugu Muda ini selalu diramaikan oleh wisatawan untuk spot foto-foto.

Semarang Tengah-20120128-00648

+ Cobain wisata sejarah Lawang Sewu deh, dipandu tour guide yang informatif dan ngeri-ngeri sedap
– Cerita horror seputaran bangunan Lawang Sewu.. klo nanti udah dibuka lagi wisata ke ruang bawah tanah, cobain deh.. pengap!!
M : Mesjid Agung Jawa tengah
Mesjid Agung Jawa Tengah yang terletak di daerah Gayamsari ini merupakan salah satu magnet bagi para wisatawan yang bersinggah di kota Semarang. MAJT ini memiliki pesona arsitektur campuran gaya Islam, Jawa, dan Romawi. 6 Payung hidrolik raksasa yang bisa membuka dan menutup mirip dengan yang ada di Mesjid Nabawi.
masjid 2
+ Menara 99 meter yang bisa kita naiki sampai atas untuk meneropong kota Semarang
– Perawatan yang kurang baik, cat mengelupas, kolam kotor, dan genangan air di selasar jadi PR pengelola
N: Neon
Neon merupakan salah satu warung makan Soto khas Semarang kesukaan saya dengan nama lengkap Soto Neon Pak Ni. Terletak di Jl. Brumbungan (masuknya dari Honda Gajah Mada terus ikutin jalan nanti letaknya di sebelah kanan jalan). Ga seperti soto khas Semarang yang biasanya disajikan dengan mangkok kecil, soto Neon ini disajikan dengan mangkok besar ala soto Surabaya sehingga pas ga pake nambah hehehe..
+ Variasi makanan pendamping yang beragam dari mulai tusukan jeroan, daging ayam, tempe, martabak hingga piscok yang enak dimakan setelah makan soto
– Warung berbentuk tenda di lapangan sehingga klo siang puanas.. cocok buat sarapan dan makan sore nih hehe..
Kalo satu huruf dua boleh yaa? Soalnya saya galau bgt nihh (cieee) Pengen cantumin nasi goreng favorit saya di semarang
N: Nasi goreng babat pak karmin
Bagi saya, cuma ada dua jenis makanan, enak, dan enak bgt. Nah nasi goreng babat pak karmin yg terletak dI jalan mberok, sebelah kantor pos kota tua semarang itu masuk di kategori yg kedua. Enak bgt. Thats it. End of story. Kebayang ga sih babat yg juicy digoreng dicampur ke nasi goreng yg agak-agak pedes.. Lidahnya begoyang.

IMG01090-20130706-1158

+ Selain nasgorbat cobain babat gongsonya deh. Wuenakkk..
– Tempatnya yg girli. Pinggir Kali, dengan aromas semriwing. Hehe..IMG01094-20130706-1213
O: O’
O’/Og/Ok merupakan logat unik khas Semarang untuk mengakhiri kalimat seperti contoh.. iya ooo..ora og..
O: Oen
Toko Oen merupakan salah satu destinasi tempat makan yang direkomendasikan oleh berbagai situs traveling. Terletak di Jalan Pemuda, toko yang akan membawa kita kembali ke masa tahun 50an ini cocok untuk kakek-nenek, dan mama-papa yang ingin bernostalgia.

cici lagi menikmati eskrim

+ Kue-kue khas belanda yang menyenangkan
– Rasa masakan dan ice cream yang terlalu biasa untuk tempat makan dengan reputasi sekaliber toko Oen
P: Paimo
Rajanya Lekker di Semarang, Lekker Paimo. Terletak di Jalan Karang Tengah depan SMA Loyola Semarang ini merupakan camilan favorit ane gan. Lekker yang merupakan kudapan manis mirip crepes tipis kering ini oleh lekker Paimo di modifikasi dengan menambahkan menu lekker asin dengan topping telor, sosis, dan tuna.. enak ga sih? Enyakkk… tapi favorit saya sih tetep lekker keju.. nyamnyam gurbangs alias gurih banget.
+ Lekker enak, harga murah.. khas..
– Ngantriii.. bisa sampe sejam lebih jika dateng pas makan siang
Wuih ga terasa nih udah sampe huruf P aja Semarang A-Z nya.. wuis yoo., kulo arep nikmatin lekker keju jagung susu sikkk yooo… mau ndess?? Sini tho yoooo…
R
Semarang, 2 Sept 2015
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s